Generator



Generator adalah sebuah alat yang mengubah energi mekanik (gerak) menjadi energi listrik (arus -tegangan).
Prinsip Dasar Generator
Faraday Hukum:
"Ketika sepotong kawat bergerak dalam medan magnet, itu menyebabkan arus akan diinduksidalam konduktor."

                                    Electric Generator

Besaran Induced Lancar
I adalah sebanding dengan kecepatan konduktor (v)I adalah sebanding dengan sudut perjalanan konduktor berkenaan dengan medan magnet (B).Saya adalah max bila v tegak lurus ke B.I adalah min (I = 0) ketika v sejajar ke B.I = K B V (dosa sudut antara v dan B)
Dasar Generator
Generator dasar terdiri dari sebuah loop luka kawat pada dinamo drum berada dalam medanmagnet (B) yang dihasilkan oleh sebuah magnet permanen.Setiap akhir dari loop terhubung ke slip ring yang melakukan listrik.Melekat pada setiap cincin slip kontaktor listrik disebut "kuas".
Kerja Generator sebuahSebagai loop (angker) ternyata, kedua ujung loop mulai memutar jalur melingkar.Pada 0 derajat v loop sejajar dengan B dan I = 0Pada 90 derajat, v loop tegak lurus terhadap B dan aku mencapai nilai maksimum.Pada 180 derajat, v loop adalah sejajar dengan B dan I = 0Pada 270 derajat, v loop tegak lurus terhadap B dan aku mencapai nilai minimum.Pada 360 derajat, loop adalah sejajar dengan B dan I = 0Pada setiap sudut lain I = K v B (dosa sudut v, B)Metode Pembangkit Listrik
Listrik tenaga air (Air) Tanaman.Pembangkit listrik tenaga nuklir.Batubara pembangkit listrik digerakkan.Pembangkit tenaga angin.Panas Bumi daya tanaman.Tenaga surya tanaman.Yang pertama lima beroperasi dengan generator yang digerakkan oleh air, udara atau uap.Yang terakhir (solar), listrik yang dihasilkan oleh aksi matahari diberikan energi untuk elektronuntuk bergerak pada bahan semikonduktor 
Untuk Meningkatkan saat ini

Sumber : Here 


Video untuk Generator : 



Motor ListrikPada artikel “klasifikasi mesin listrik”Motor listrik termasuk kedalam kategorimesin listrik dinamis dan merupakan sebuah perangkat elektromagnetik yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanikEnergi mekanik ini digunakan untuk, misalnya, memutar impeller pompa, fan atau blower, menggerakan kompresor, mengangkat bahan, dll di industri dan digunakan juga pada peralatan listrik rumah tangga (seperti: mixer, bor listrik,kipas angin). 

Anda dapat melihat animasi prinsip kerja motor DC ini di sini.

Motor listrik kadangkala disebut “kuda kerja” nya industri, sebab diperkirakan bahwa motor-motor menggunakan sekitar 70% beban listrik total di industri. 

Mekanisme kerja untuk seluruh jenis motor listrik secara umum sama (Gambar 1), yaitu: 
• Arus listrik dalam medan magnet akan memberikan gaya.
• Jika kawat yang membawa arus dibengkokkan menjadi sebuah lingkaran/loop, maka kedua sisi loop, yaitu pada sudut kanan medan magnet, akan mendapatkan gaya pada arah yang berlawanan. 
• Pasangan gaya menghasilkan tenaga putar/ torsi untuk memutar kumparan. 
• Motor-motor memiliki beberapa loop pada dinamonya untuk memberikan tenaga putaran yang lebih seragam dan medan magnetnya dihasilkan oleh susunan elektromagnetik yang disebut kumparan medan.

Dalam memahami sebuah motor listrik, penting untuk mengerti apa yang dimaksud dengan beban motor. Beban mengacu kepada keluaran tenaga putar/torsi sesuai dengan kecepatan yang diperlukan. Beban umumnya dapat dikategorikan kedalam tiga kelompok:
• Beban torsi konstan, adalah beban dimana permintaan keluaran energinya bervariasi dengan kecepatan operasinya, namun torsi nya tidak bervariasi. Contoh beban dengan torsi konstan adalah conveyors, rotary kilns, dan pompa displacement konstan.
• Beban dengan torsi variabel, adalah beban dengan torsi yang bervariasi dengan kecepatan operasi. Contoh beban dengan torsi variabel adalah pompa sentrifugal dan fan (torsi bervariasi sebagai kwadrat kecepatan).
• Beban dengan energi konstan, adalah beban dengan permintaan torsi yang berubah dan berbanding terbalik dengan kecepatan. Contoh untuk beban dengan daya konstan adalah peralatan-peralatan mesin. 

Lebih Lengkapnya mengenai Motor Listrik, Klik Ini
Sumber : Dunia Listrik


Komentar